Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
Nama
Siswa : Hari/Tanggal :

2. Mata Pelajaran : IPA
3. Kelas/Semester :VII/1
4. Waktu : 2 JP
5. Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala alam kebedaan melalui
pengamatan
7. Indikator :
a. Mampu
menggunakan mikroskop
b. Menggambarkan
hasil pengamatan sel Amaranthus sp.
8. Petunjuk :
a. Baca
literatur yang berhubungan dengan mikroskop
b. Baca
dengan cermat LKS yang ada
c. Jawablah
pertanyaan dengan tepat
9. Informasi :
Mikroskop
merupakan alat bantu penglihatan untuk mengamati objek berukuran renik sehingga
objek kelihatan lebih besar dan jelas. Mata telanjang hanya dapat memisahkan
dua buah titik berdekatan yang berjarak 10–3 – 10–1 mm. Dengan bantuan lup,
kamu dapat memisahkan dua buah titik berdekatan yang berjarak 10–4 – 10–2 mm.
Jika kamu mengamati objek dengan mikroskop optik, dua buah titik yang berjarak
10–6 – 10–4 mm. Jadi sebuah sel yang berukuran 1/100.000 mm dapat kamu amati
dengan mikroskop optik.
10. Tempat : Laboratorium IPA SMP
12. Langkah Kerja :
a. Siapkan
batan Amaranthus sp. Sepanjang lima
sentimeter.
b. Buatlah
sayatan batang tersebut setipis mungkin (Perhatikan gambar 6.12). Gunakanlah
silet yang tajam. Mintalah bantuan gurumu jika mendapat kesulitan.(hati-hati
saat menggunakan silet. Jangan sampai melukai diri sendiri dan orang lain)
c. Kemudian,
letakkan sayatan tersebut menggunakan tusuk gigi/ pingset di atas gelas objek
yang telah ditetesi sedikit ari.
d. Tutup
sayatan menggunakan cover glass
e. Amati
di bawah mikroskop dengan pembesaran lemah. Aturlah makrometer, mikrometer, dan
cahaya agar diperoleh pengamatan yang terang dan jelas.
f. Amati
objek mulai dari pembesaran lensa objektif 10X sampai maksimal 45X
g. Gambarkan
hasil pengamatanmu di kertas
a. Pada
pembesaran berapakah sehingga kamu dapat melihat sel batang Amaranthus sp. Dengan jelas?
b. Bagaimana
bentuk sel pada batang Amaranthus sp.?
14. Penilaian :
a. Kognitif : Tes Tertulis
b. Afektif : Pengematan individu dalam kelompok
c. Psikomotor:
Pengamtan individu dalam kelompok
0 komentar:
Posting Komentar