Jumat, 13 April 2012

OBJEK WISATA ALAM DI KABUPATEN REJANG LEBONG



1. Bukit Kaba
Keindahan REJANG LEBONG juga dihiasi oelh adanya pemandangan gunung dan kawah di bukit kaba, yang adalah salah satu objek wisata alam paling diminati bagi para peminat wisata alam dan outbond. Wisata bukit kaba diperuntukna bagi mereka yang suka tantangan, objek wisata ini memang benar-benar potensial, seperti ditempat lain (wisata kaliurang Yogyakarta, Tangkuban perahu, Jawa Barat, wisata Dien di Banjarnegara), maka apabila dibandingkan sebenarnya wisata Bukit Kaba tak kalah potensialnya, sayangnya pengelolaan dan publikasinya begitu minim, sehingga wisatawan tidak tahu keberadaan objek wisata ini.

Kabupaten REJANG LEBONG terletak di sepanjang Bukit Barisan dengan 47,35 % wilayahnya berada pada ketinggian 500-2000 m di atas permukaan laut, dengan kondisi alam yang berbukit dan berudara sejuk serta pemandangan yang indah. Objek wisata Bukit Kaba merupakan salah satu objek wisata alam dengan luas + 100 ha yang sangat potensial dengan ketinggian 1964 m dari permukaan laut dan terletak 18 km dari ibukota kabupaten menawan yang jarang dijumpai di daerah lain. Untuk mencapai puncak Bukit Kaba dapat ditempuh dengan dua cara yaitu dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan dengan menggunakan kendaraan doubel gardan dengan cepat dikarenakan jalan telah diaspal.
Flora dan Fauna yang terdapat di OW. Bukit Kaba antara lain:
- Flora = Bunga Rafflesia, dan bungan Bangkai
-Fauna = Bunglon, tupai, burung tanah, monyet, musang, siamang, berukm burung raja udang, burung kutilang emas, burung elang dan satwa langka yang dilindungi seperti harimau kumbang, harimau belang, kijang dan rusa.
Daya tarik dan keistimewaan yang dimiliki objek wisata Bukit Kaba adalah sangat cocok bagi pengunjung yang memiliki hobi bertualang, udaranya yang sejuk keunikan dan keutuhan sumber daya alam serta panorama alam dengan pandangan lepas, selain itu di bukit kaba terdapat kawah vulkanik yang masih aktif.



2. Danau Mas Harus Bastari
Salah satu kebanggan masyarakat REJANG LEBONG adalah adanya danau mas bastari, adalah objek wisata paling potensial dan paling diminati, karena kesejukan alamnya esrta keindahan alamnya yang benar-benar alami. Namun juga masih disayangkan, walaupun ini sangat potensial dalam potensi mendatangkan wisatawan dari nasional maupun internasional, tetap saja objek wisata ini belum begitu tersentuh terutama dalam upaya menciptakan citra objek wisata yang harus dikunjungi, apabila dikelola dengan baik cukup layak rasanya objek wisata ini bisa dimasukkan ke target visit Bengkulu.
Objek wisata Danau Mas Harus Bastari terletak di Kecamatan SELUPU REJANG, Kabupaten Rejang Lebong. objek wisata ini terletak 17 km dari kota curup yang berada dipinggir jalan raya antara kota curup dengan kota Lubuk Linggau dan dapat dijangkau dengan berbagai kendaraan. Danau Mas Harus Bastari ini merupakan kawsan otorita khusus wisata, dengna luas 3.600 Ha. Keadaan topografi objek wisata tersebut adalah berbukit. 
Dilokasi DMHB antara lain: Pos penjagaan, WC umum, Mushollah, Tempat parkir, tempat bermain anak-anak, kantin, Aula, dan untuk mengelilingi danau kita dapat menyewa perahu yang telah disiapkan oleh Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong. 
Suhu udara disekitar lokasi tidak ubahnya seperti di Bandung, Jawa Barat dan kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat.



3. Suban Air Panas
Objek wisata Suban Air Panas merupakan objek wisata alam yang sudah alam diminati masyarakat Bengkulu, Kelebihan objek wisata ini sangatlah banyak, itu dikarenakan objek wisata ini menawarkan berabgai keunikan di dalamnya. Objek wisata ini masih terus dikebangkan dan ditata dengan baik sehingga mampu menarik wisatawan mancanegara.
Objek wisata ini terletak +6km dari kota Curup. Selain merupakan tempat rekreasi yang menyenangkan, air panas di objek wisata in dipercaya berguna untuk penyembuhan berbagai penyakit kulit, pegal linu dan rematik.
Dilokasi ini juga terdapat air terjun yang indah dengan ketinggi + 90 m dengan air yang jernih dan dingin.
Selian itu terdapat pula batu yang dianggap keramat yang diberi nama Batu Menangis oleh masyarakat setempat. Konon mitosna orang-orang tertentu membawa sejumlah hewan pemliharaan dan memotongnya untuk mendapatkan keberkahan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.
Jumlah pengunjung ke objek wisata Subang Air Panas ini mencapai +7500 orang /bulan dan untuk menuju objek wisata alam Suban Air Panas tersebut tidaklah sulit karena jaraknya +3 km dari jalan Negara, maka loakasi dapat dengan mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi baik.

4. Air Terjun Kepala Curup
Objek wisata Air Terjun, daya tarik yang dimiliki objek wisata in berupa air terjun dengan ketinggian 100 meter serta memiliki keindahan pemandangan alam dan udara sejuk dan asri. Selain menikmati keindahan alam, kita juga dapat melihat jenis flora dan fauna seperti berbagai jenis burung, monyet dan habitat bungan Rafflesia.
Lokasi objek wisata terletak 29 km dari kota curup atau sekitra 80 km dari Ibu kota Bengkulu.

4 komentar:

hay, miken,,,,heheheh aq sdah berkunjung ke suban air panas,,,n sdah photo" diatas batu itu hahahahah wkwkwk

Hehe.. mantapkan???

lanjutkan lagi lan, masih ado bukit kaba, samo danau mas na..
Silahkan berkunjung gkgkgk

bagus dx....
post lagi dx yg buat wisatawan dari luar daerah lebih mengenal rejang lebong lgi dx....
cag kebun strobery smping gereja, samo koica dx,,,
hehe

Hehe,, entar dicari sumbernya dulu mbak.

Posting Komentar