Selasa, 21 Mei 2013

Contoh LKS

 

Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
Nama Siswa    :                                                           Hari/Tanggal   :
NIS                 :                                                           Nilai                :

1.    Judul                          : Mengamati Sel pada batang Amaranthus sp. (bayam) menggunakan mikroskop

       2.      Mata Pelajaran          : IPA

       3.      Kelas/Semester          :VII/1

       4.      Waktu                                    : 2 JP


        5.      Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala alam kebedaan melalui pengamatan

6.      Kompetensi Dasar    : 5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan.

    7.      Indikator                    :
a.       Mampu menggunakan mikroskop
b.      Menggambarkan hasil pengamatan sel Amaranthus sp.

    8.      Petunjuk                    :
a.       Baca literatur yang berhubungan dengan mikroskop
b.      Baca dengan cermat LKS yang ada
c.       Jawablah pertanyaan dengan tepat

      9.      Informasi                   :
Mikroskop merupakan alat bantu penglihatan untuk mengamati objek berukuran renik sehingga objek kelihatan lebih besar dan jelas. Mata telanjang hanya dapat memisahkan dua buah titik berdekatan yang berjarak 10–3 – 10–1 mm. Dengan bantuan lup, kamu dapat memisahkan dua buah titik berdekatan yang berjarak 10–4 – 10–2 mm. Jika kamu mengamati objek dengan mikroskop optik, dua buah titik yang berjarak 10–6 – 10–4 mm. Jadi sebuah sel yang berukuran 1/100.000 mm dapat kamu amati dengan mikroskop optik.

       10.  Tempat                       : Laboratorium IPA SMP

11.  Alat dan Bahan         : Mikroskop cahaya, silet, gelas objek, cover glass, tusuk gigi, pipet, dan batang Amranthus sp. (bayam)

     12.  Langkah Kerja          :
a.       Siapkan batan Amaranthus sp. Sepanjang lima sentimeter.
b.      Buatlah sayatan batang tersebut setipis mungkin (Perhatikan gambar 6.12). Gunakanlah silet yang tajam. Mintalah bantuan gurumu jika mendapat kesulitan.(hati-hati saat menggunakan silet. Jangan sampai melukai diri sendiri dan orang lain)
c.       Kemudian, letakkan sayatan tersebut menggunakan tusuk gigi/ pingset di atas gelas objek yang telah ditetesi sedikit ari.
d.      Tutup sayatan menggunakan cover glass
e.       Amati di bawah mikroskop dengan pembesaran lemah. Aturlah makrometer, mikrometer, dan cahaya agar diperoleh pengamatan yang terang dan jelas.
f.       Amati objek mulai dari pembesaran lensa objektif 10X sampai maksimal 45X
g.      Gambarkan hasil pengamatanmu di kertas  

13.  Pertanyaan                :
a.       Pada pembesaran berapakah sehingga kamu dapat melihat sel batang Amaranthus sp. Dengan jelas?
b.      Bagaimana bentuk sel pada batang Amaranthus sp.?



  14.  Penilaian                    :
a.       Kognitif    : Tes Tertulis
b.      Afektif      : Pengematan individu dalam kelompok
c.       Psikomotor: Pengamtan individu dalam kelompok

0 komentar:

Posting Komentar