Sabtu, 09 Februari 2013

Rokok Kesenangan Sesaat yang Menyakitkan Tubuh



MAKALAH PENJASKES

Rokok Kesenangan Sesaat yang Menyakitkan Tubuh


    Disusun Oleh                 : Miken Marpenca
    NIM                               : 06111009015
    Prodi                              : FKIP BIOLOGI
    Tanggal                          : 14 Desember 2011
    Dosen Pembimbing        : Drs. Waluyo, S.Pd

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2011





KATA PENGANTAR

Alhamdulillah dengan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan inaya-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah Pendidikan Jasmani dan Kesehatan  ini dengan judul “Rokok Kesenangan Sesat yang Menyakitkan Tubuh”.
Makalah ini akan menceritakan apa pengertian rokok, jenis-jenis rokok, dan zat-zat apa saja yang terkandung di dalam rokok, sehingga kita dapat mengetahui mengapa rokok itu dilarang untuk dikonsumsi bagi seluruh manusia dengan berbagai usia.
Serta saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Drs. Waluyo, M.Pd karena telah mendidik, melatih dan membimbing kami dalam melakukan proses belajar mengajar serta meningkatkan kedisiplinan yang kami miliki.
Dan akhir kata, tiada gading yang tak retak, demikian pula dengan makalah yang saya buat ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun tetap saya nantikan demi ilmu yang kita gunakan bersama.



BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Di zaman sekarang, yang cenderung mengglobal, banyak masyarakat Indonesia yang menjadi konsumen dari rokok. Tidak hanya kaum laki-laki, tapi juga kaum perempuan. Anak-anak sekolahan pun sudah banyak yang mengkonsumsi rokok, dari SMP, SMA, bahkan ada anak SD yang sudah mengkonsumsinya. Kebanyakan mereka cenderung meniru apa yang dilaukan disekitar mereka, dari lingkuangan teman sangat berpengaruh.
Banyak masyarakat yang mengkonsumsi rokok mengetahui apa saja dampak dari penggunaan rokok, salah satunya adalah serangan jantung. Namun mereka tidak peduli dengan dampak tersebut. Padahal pemerintah dan produsen rokok itu sendiri sudah gencar menyampaikan bahaya dari rokok melalui media cetak maupun media elektronik. Bahaya rokok pun sudah dipampang pada kemasan rokok dan poster-poster dari produsen rokok tersebut.
Telah banyak kasus kematian yang disebabkan oelh penggunaan rokok. Angka kematian yang melesat tinggi banyak disebabkan oleh pengguna rokok yang terkena serangan jantung dan gangguan pada sistem pernapasan. Namun hal ini tidak menimbulkan efek jera pada masyarakat.
Pengertian sehat menurut UU Pokok Kesehatan No. 9 tahun 1960, Bab 1 pasal 2 adalah keadaan yang meliputi kesehatan badan (jasmani), rohani (mental), dan sosial, serta bukan hanya keadaan bebas dari penyakit, cacat, dan kelemahan. Pengertian sehat tersebut sejalan dengan pengertian sehat menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1975 sebagai berikut: sehat adalah suatu kondisi yang terbebas dari segala jenis penyakit, baik fisik, mental dan sosial. Batasan kesehatan tersebut di atas sekarang telah diperbaharui bila batasan kesehatan yang terdahulu itu hanya mencakup tiga dimensi atau aspek, yakni: fisik, mental dan sosial sosial, maka dalam UU No. 23 Tahun 1992, kesehatan mencakup 4 aspek, yakni: fisik (badan), mental (jiwa), sosial dan ekonomi. Batasan kesehatan tersebut diilhami oleh batasan kesehatan menurut WHO yang paling baru. Pengertian kesehatan saat ini memang lebih luas dan dinamis, dibandingkan dengan batasan sebelumnya. Hal ini berarti, kesehatan seseorang tidak hanya diukur dari aspek fisik, mental, dan sosial saja, tetapi juga diukur dari produktivitasnya dalam arti mempunyai pekerjaan atau menghasilkan sesuatu secara ekonomi.
Telah dijelaskan di atas bahwa kesehatan adalah bebas dari penyakit dan dapat melakukan aktivitas. Namun bagi pengguna rokok mereka tidak bisa dikatakan sehat, karena mereka telah mengalami gangguan pada system pernafasannya. Apalagi bagi pengguna rokok yag telah terserang penyakit, seperti penyakit jantung atau paru-paru. Penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Jika kematian meningkat maka produktivitas di Negara kita akan menurun.
.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian rokok?
2.      Apa saja jenis-jenis rokok?
3.      Apa saja zat yang terdapat pada rokok?
4.      Apa dampak yang disebabkan rokok untuk kesehatan?

C.    Tujuan
Untuk mengetahui dampak yang disebabkan karena kebiasaan merokok.



BAB 2
PEMBAHASAN

1.      Pengertian rokok
Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.
Rokok dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukan dengan mudah ke dalam kantong. Sejak tahun 1972 pada bungkus rokok mencantumkan peringatan pada pembungkus rokok tentang bahaya kesehatan yang dapat ditumbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung, tetapi pada kenyataannya itu semua hanyalah pernak-pernik hiasan pada kotak rokok. Bahkan beberapa tahun belakangan, di negara-negara luar seperti Singapura mulai menambah variasi kotak pembungkus rokok dengan gambar-gambar mengerikan dampak dari menghisap rokok tersebut. 
Kata-kata yang tertera jelas pada kotak  pembungkus “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin”, hanya bacaan yang tidak memberikan pengaruh walau mereka para perokok sebanarnya mengetahui dampak yang sebenarnya dari merokok.
Orang yang merokok berarti mereka tidak mampu untuk bertanggung jawab dengan tubuh yang dimilikinya. Mereka hanya mementingkan kenikamatan untuk menyimpan berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh rokok tersebut.
Data Depkes yang diungkapkan di Jakarta,  menyebutkan, sebanyak 70 persen penduduk Indonesia, merupakan perokok aktif, dan yang lebih ironis lagi adalah  60 persen dari perokok di Indonesia adalah perokok dari masyarakat ekonomi lemah (miskin).
Tidak sedikit dari perokok itu adalah dari kalangan mahasiswa, dari golongan  berpendidikan. Jika ini terus terjadi,  apakah mereka bisa bertanggung jawab atas negeri ini? Sedangkan mereka tidak bisa bertanggung jawab atas tubuh mereka sendiri?
Bahaya dari asap rokok ini, bukan hanya dirasakan oleh perokok tersebut, tetapi orang lain pun yang berada disekitar perokok dapat menghirup juga asap tersebut. Orang yang secara langsung merokok disebut perokok aktif, sedangkan orang yang menghirup asap dari sisa perokok aktif disebut perokok pasif. Akibatnya dampak yang harus diterima lebih berbahaya dari perokok aktif. Bahkan bahaya yang harus ditanggung perokkok pasif tiga kali lipat dari bahaya perokok aktif.


2.      Klasifikasi Rokok
Rokok dibedakan menjadi beberapa jenis. Pembedaan ini didasarkan atas bahan pembungkus rokok, bahan baku atau isi rokok, proses pembuatan rokok dan penggunaan filter rokok.
a.       Rokok berdasarkan bahan pembungkus
·         Klobot     : rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun jagung.
·         Kawung   : rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun aren.
·         Sigaret     : rokok yang bahan pembungkusnya berupa kertas.
·         Cerutu      : rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun tembakau.
b.      Rokok berdasarkan bahan baku atau isi
·         Rokok putih        : rokok yang bahan bakunya hanya daun tembakau yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
·         Rokok kretek       : rokok yang bahan bakunya berupa daun tembakau dan cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
·         Rokok klembek   : rokok yang bahan bakunya berupa daun tembakau, cengkeh, dan kemenyan yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.


c.       Rokok berdasarkan proses pembuatannya
·         Sigaret kretek tangan (SKT)     : rokok yang proses pembuatannya dengan cara digiling atau dilinting dengan menggunakan tangan dan atau alat bantuk sederhana.
·         Sigaret kretek mesin (SKM)     : rokok yang proses pembuatannya menggunakan mesin. Sederhannya, material rokok dimasukkan ke dalam mesin pembuat rokok. Keluaran yang dihasilkan mesin pembuat rokok berupa rokok batangan. Saat ini mesin pembuat rokok telah mampu menghasilkan keluaran sekitar enam ribu sampai delapan ribu batang rokok per menit. Mesin pembuat rokok, biasanya dihubungkan dengan mesin pembungkus rokok sehingga keluaran yang dihasilkan bukan lagi berupa rokok batangan namun telah dalam bentuk pak.       
SKM dapat dikategorikan ke dalam 2 bagian:
1.      Sigaret kretek mesin full flavor (SKM FF) : rokok yang dalam proses pembuatannya ditambahkan aroma rasa yang khas. Contoh: Gudang Garam Internationla, Djarum Super dll.
2.      Sigaret kretek mesin light mild (SKM LM) : rokok mesin yang menggunakan kandungan tar dan nikotin yang rendah. Rokok jenis ini jarang menggunakan aroma yang khas. Contoh : A mild, clas mild dll.


d.      Rokok berdasarkan penggunaan filter
·         Rokok filter (RF) : rokok yang pada bagian pangkalnya terdapat gabus.
·         Rokok non filter (RNF) : rokok yang pada bagian pangkalnya tidak terdapat gabus.


3.      Zat Kimia pada Rokok
Rokok tentu tidak dapat dipisahkan dari bahan baku pembuatannya, yakni tembakau. Di Indonesia, tembakau ditambah cengkih dan bahan-bahan lain dicampur untuk dibuat rokok kretek. Selain kretek, tembakau juga dapat digunakan sebagai rokok linting, rokok putih, cerutu, rokok pipa, dan tembakau tanpa asap.
Komponen gas asap rokok adalah karbon monoksida, amonik, asam hidrosianat, nitrogen oksida dan formaldehid. Partikelna berupa tar, indol, nikotin, karbarzol dan kresol. Zat-zat ini beracun mengiritasi dan bersifat karsinogen (menimbulkan kanker). Asap yang diembuskan para perokok dapat dibagi atas asap umata dan asap samping. Asap utama merupakan asap tembakau yang dihirup langsung oleh perokok, sedangkan asap samping merupakan asap tembakau yang disebarkan ke udara bebas, yang akan dihirup oleh orang lain atau perokok pasif. Telah ditemukan 4.000 jenis bahan kimia dalam rokok, dengan 40 jenis diantarannya bersifat karsinogenik, di mana bahan racun ini lebih banyak didapatkan pada asap samping, misalnya karbon monoksida (CO) 5X lipat lebih banyak ditemukan pada asap samping daripada asap utama, berzopiren 3X dan amoniak 50X. bahan-bahan ini dapat bertahan sampai beberapa jam lamanya dalam ruangan setelah rokok berhenti.
Beberapa zat kandung rokok lainnya dikenal mempunyai efek yang merugikan tulan dan kulit. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

a.       Hydrogen cyanide, zat kimia yang digunakan untuk hukuman mati.
b.      Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organic yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
c.       Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif yang ditemukan dibaterai.
d.      Methanol, alcohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metal alcohol dan beracun.
e.       Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
f.       Ammonia, sangat beracun dalam kombinasi dengan unsure-unsur tertentu dan merupakan pembersih darah.
g.      Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
h.      Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
i.        Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil,
j.        Aceton, zat kimia yang digunakan untuk menghapus cat
k.      Phenols butane, zat kimia yang terdapat
l.        Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigant untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastic dan pestisida.
m.    Cadmium, sebuah loga yang sangat beracun dan radioaktif.
n.      Vinyl chloride, bahan plastic PVS



Dalam setiap batang rokok yang dihisap, terkandung 3 zat yang paling berbahaya bagi kesehatan anda, yaitu



a.       TAR
TAR adalah kumpulan dari beribu-ribu bahan kimia dalam komponen padat asap rokok, dan bersifat karninogen. Pada saat rokok dihisap, tar masuk ke dalalm rongga mulut sebagai uap padat. Setelah dingin, akan menajdi padat dan membentuk endapat berwarna cokelat pada permukaan gigi, saluran pernapasan dan paru-paru. Pengendapan ini bervariasi antara 3-40 mg per batang rokok, sementara kadar tar dalam rokok berkisar 24-45 mg. Zat berbahaya ini (berupa kotoran pekat) dapat menyumbat dan mengiritasi paru-paru dan sistem pernapasan, sehingga menyebabkan penyakit bronchitis kronis, emphysema dan dalam beberapa kasus menyebabkan kanker paru-paru. Racun kimia dalam tar juga dapat meresap ke dalam aliran darah dan kemudia dikeluarkan di urine. Tar yang tersisa di kantung kemih juga dapa menyebabakn penyakit kanker kantung kemih.
b.      Nikotin
Nikotin adalah suatu zat yang membuat kecanduan dan dapat mempengaruhi sistem syaraf, mempercepat detak jantung, sehingga menambah resiko terkena penyakit jantung. Zat yang paling sering dibicarakan dan diteliti orang, meracuni saraf tubuh, meningkatkan tekanan darah, menimbulkan penyempitan pembuluh darah tepi, dan menyebabkan ketagihan dan ketergantungan pada pemakainya. Kadar nikotin 4-6 mg yang diisap oleh orang dewasa setiap hari sudah bisa membuat seseorang ketagihan. Di Amerika Serikat, rokok putih yang beredar di pasaran memiliki kadar 8-10 mg nikotin per batang, sementara di Indonesia berkadar nikotin 17 mg per batang.


c.       Karbon monoksida
Karbon monoksida memiliki kecenderungan yang kuat untuk berikatan dengan hemoglobin dalam sel-sel darah merah. Seharunya, hemoglobin ini berikatan dengan oksigen yang sangat penting untuk pernapasan sel-sel tubu, tapi karena gas CO lebih kuat daripada oksigen, maka, gsa CO ini merebut tempatnya di hemoglobin. Jadilah, hemoglobin bergandengan dengan gas CO. Kadar gas CO dalam darah bukan perokok kurang dari 1 %, sementara dalam darah perokok mencapai 4-15%. Zat ini dapat meresap dalam aliran darah dan mengurangi kemampuan sel-sel darah merah untuk membawa Oksigen ke seluruh tubuh, sehingga sangat besar pengaruhnya terhadap sistem peredaran darah. Selain itu, karbon monoksida memudahkan penumpukan zat penyumbat pembuluh nadi, yang dapat memudahkan penumpukan zat penyumbat pembuluh nadi, yang dapat menyebabakan serangan jantung yang fatal, juga dapat menimbulkan gangguan sirkulasi darah di kaki.
Pada wanita, hindarilah merokok pada masa kehamilan, karena nikotin dan karbonmonoksida yang terdapat dalam aliran darah wanita perokok dapat membaut pembuluh darh di Plasenta mengecil, sehingga oksigen dan zat-zat makanan yang mencapai janin akan berkurang, yang akhirnya dapat menggangu pertumbuhan janin itu sendiri dan mengakibatkan bayi dilahirkan dengan berat badan kurang, atau pun abnormal, sehingga harus di rawat di unit perawatan khusus untuk bayi yang baru lahir.
d.      Timah hitam (Pb)
Timah hitam yang dihasilkan oleh sebatang rokok sebanyak 0,5 ug. Sebungkus rokok yang habis diisap dalam satu hari akan menghasilkan 10 ug. Sementara ambang batas bahaya timah hitam yang masuk ke dalam tubuh adalah 20 ug per hari. Bisa dibayangkan, bila seorang perokok berat menghisap rata-rata 2 bungkus rokok per hari, berapa banyak zat berbahaya ini masuk ke dalam tubuh.


 
4.     Dampak Penggunaan Rokok
a.       Dampak positif
1. Meningkatkan pendapatan Negara, karena banyak pabrik rokok di Indoneisa
2. Mengurangi jumlah pengangguran, karena banyak pabrik rokok di Indonesia
3. Memberikan rileks kepada yang mengkonsumsinya
b.      Dampak negative
1. Faktor resiko
          Merokok merupakan penyebab besar kematian dan cacat daripada penyakit tunggal, kata Organisasi Kesehatan Dunia. Menurut angka mereka, rokok bertanggung jawab untuk sekitar lima juta kematian di seluruh dunia setiap tahunnya. merokok tembakau adalah penyebab diketahui atau kemungkinan sekitar 25 penyakit, dan bahkan WHO mengatakan bahwa dampaknya terhadap kesehatan dunia belum sepenuhnya dinilai. Pada tahun 2020, WHO memperkirakan jumlah korban kematian di seluruh dunia mencapai 10 juta, menyebabkan 17,7% dari semua kematian di negara maju. Ada diyakini 1,1 miliar perokok di dunia, 800 juta di negara-negara berkembang.
2. Kerusakan saat merokok
          Pelajar di Inggris menunjukkan bahwa perokok di usia 30-an dan 40-an adalah lima kali lebih mungkin untuk mengalami serangan jantung.
Tembakau memberikan kontribusi kepada pengerasan pembuluh darah, yang kemudian dapat menjadi blokir dan kelaparan jantung aliran darah, menyebabkan serangan itu. Seringkali, perokok yang mengembangkan ini akan membutuhkan operasi bypass jantung kompleks dan berisiko.
Jika Anda merokok seumur hidup, ada kemungkinan 50% bahwa kematian akhirnya Anda akan berhubungan dengan merokok – separuh dari semua kematian akan di usia pertengahan. Merokok juga meningkatkan risiko stroke.
3. Masalah paru-paru
          Risiko lain kesehatan primer yang terkait dengan merokok adalah kanker paru-paru, yang membunuh lebih dari 20.000 orang di dunia setiap tahun. Studi di Amerika menunjukan bahwa pria yang merokok meningkatkan kesempatan mereka meninggal akibat penyakit dengan lebih dari 22X. wanita yang merokok meningkatkan risiko ini hampi 12 kali. Kanker paru-paru merupakan kanker yang sulit untuk diobati. Merokok juga meningkatkan risiko mulut, hati, rahim, ginjal, kandung kemih, perut dan kanker leher rahim serta leukemia.  
          Masalah lain kesehatan yang berhubungan dengan tembakau emphysema, yang bila dikombinasikan dengna bronchitis kronis, menghasilkan penyakit paru obstrutif kronik. Kerusakan paru-paru yang menyebabkan emfisema tidak dapat diubah, dan membuat sangat sulit untuk bernapas. Merokok di kehamilan sangat meningkatkan risiko keguguran, terkait dengan berat badan bayi lahir rendah, dan menghambat perkembangan anak. Merokok oleh orang tua setelah lahir ini terkait dengan sindrom kematian bayi mendadap atau kematian ranjang, dan tingginya tingkat penyakit pernafasan bayi, seperti bronchitis, pilek dan pneumonia.
bayi mendadak, atau kematian ranjang, dan tingginya tingkat penyakit.
4. Merokok dan anak muda
          Merokok merusak terutama pada orang muda. Bukti-bukti menunjukkan orang yang mulai merokok di masa muda mereka – usia 11 sampai 15 – tiga kali lebih mungkin untuk mati kematian dini daripada seseorang yang mengambil merokok pada usia 20. Mereka juga lebih mungkin untuk menjadi ketagihan seumur hidup.
5. Penyakit jantung koroner
          Merokok terbukti merupakan faktor risiko terbesar untuk mati mendadak. Risiko terjadinya penyakit jantung koroner meningkat 2-4 kali pada perokok dibandingkan dengan bukan perokok. Risiko ini meningkat dengan bertambahnya usia dan jumlah rokok yang diisap. Penelitian menunjukkan bahwa faktor risiko merokok bekerja sinergis dengan faktor-faktor lain, seperti hipertensi, kadar lemak dan penyakit jantung koroner.    Perlu diketahui bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung koroner berkurang dengan 50 persen pada tahun pertama sesudah rokok dihentikan. Akibat penggumpalan (trombosis) dan pengapuran (aterosklerosis) dinding pembuluh darah, merokok jelas akan merusak pembuluh darah perifer.
7. Penyakit stroke
          Penyumbatan pembuluh darah otak yang bersifat mendadak atau stroke banyak dikaitkan dengan merokok. Risiko stroke dan risiko kematian lebih tinggi pada perokok dibandingkan dengan bukan perokok.
8. AIDS
          Dalam penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan Inggris, didapatkan kebiasaan merokok memperbesar kemungkinan timbulnya AIDS pada pengidap HIV. Pada kelompok perokok, AIDS timbul rata-rata dalam 8,17 bulan, sedangkan pada kelompok bukan perokok timbul setelah 14,5 bulan. Penurunan kekebalan tubuh pada perokok menjadi pencetus lebih mudahnya terkena AIDS sehingga berhenti merokok penting sekali dalam langkah pertahanan melawan AIDS.


c.       Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai. Dibalik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok. Sudah dikatakan bahwa rokok mengandung kurang lebih 4.000 bahan kimia yang 200 diantaranna beracun dan 43 jenis lainnya dapat menebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yatiu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb. Dampak dari menghisap asap rokok diantaranya;
d.      Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah sehingga dapat terjadi gangrene dan amputasi.
e.       Merokok dapat menyebabkan kanker mulit dan terlepasnya gigi serta kanker tenggorokan.
f.       Merokok dapat menyebabkan serangan jantung.
g.      Pada wanita rokok dapat menyebakan kemandulan.
h.      Dapat menyebabkan asma dan iritasi pada mata.
i.        Anak yang terlahir dari ibu yang merokok berpotensi cacat secara fisik maupun otak.
j.        85% sampai 95% penderita kanker paru-paru berhubungan dengan merokok.
k.      Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung serta tekanan darah tinggi.
Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet. Efek racun pada rokok ini membuat penghisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak menghisap asap rokok):
1.      14 X menderita kanker paru-paru, mulut dan tenggorokan.
2.      4 X menderita kanker esophagus
3.      2 X kanker kandung kemih
4.      2 X serangan jantung
  

BAB 3
PENUTUPAN
A.    Kesimpulan
Rokok adalah silinder kertas yang berukuran 70 hingga 120 mm, dan berdiameter kurang lebih 10 mm. Rokok dapat membuat orang yang menghisap asapnya menjadi lebih rileks dengan berbagai racun yang terkandung di dalamnya. 70% masyarakat di Indonesia adalah perokok aktif dari berbagai kalangan usia, dari balita sampai orang tua, serta mahasiswa yang diklaim sebagai generasi penerus bangsa. Rokok mudah didapatkan dan relative harganya murah, sehingga wajar jika sebagian besar masyarakat Indonesia merokok. Sebagian besar perokok adalah dari golongan masyarakat yang dikategorikan kurang mampu.
Racun yang terdapat di dalam rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit di dalam tubuh manusia yang menghisapnya baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Orang yang menghisap rokok secara tidak langsung (perokok pasif) memilki dampak 3x lebih berat mengidam penyakit jika dibandingkan dengan orang yang menghisap rokok secara langsung (perokok aktif). Hal ini disebabkan 25% zat berbahaya yang terdapat pada rokok masuk ke dalam tubuh perokok aktif, sedangkan 75% nya beredar di udara bebas yang berisiko masuk ke tubuh orang di sekelilingnya. Salah satu dari penyakit berbahaya yang dapat timbul dari menghisap asap rokok adalah kanker paru-paru. Sel-sel kanker pada paru-paru terus tumbuh tidak terkendali, dan akhirnya penyakit ini lama-kelamaan dapat menyerang seluruh tubuh.

B.     Saran
Sebagai seorang mahasiswa, kita harus mulai untuk memelihara sebaik-baiknya tubuh ini, jangan menyimpan zat-zat kimia berbahaya di tubuh hanya untuk kesenangan yang sementara. Mulailah belajar bertanggung jawab terhadap diri sendiri, baru kemudian bertanggung jawab atas masa depan negara ini!


DAFTAR PUSTAKA

Susilo, S. Pd. 2009. Buku Ajar  EKSISU. Surakarta: Citra Pustaka



















1 komentar:

KABAR BAIK UNTUK SEMUA ORANG DI SINI. BACALAH
Halo teman-teman, saya punya kabar baik untuk berbagi dengan Anda semua. Saya tidak bisa menjelaskan betapa bahagianya aku sekarang. Akhirnya, saya hanya mendapat pinjaman dari lembaga kredit internasional Islam di seluruh dunia. Teman saya mengarahkan saya kepada mereka. Saya telah mencari pemberi pinjaman swasta online asli selama bertahun-tahun di mana saya bisa meminjam uang untuk memulai bisnis saya, tapi semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman asli perusahaan gagal. Semua yang saya telah datang dalam kontak dengan semua penipuan. Sejujurnya, pada awalnya, saya pikir organisasi pinjaman Islam adalah salah satu dari penipuan sampai mereka membawa sukacita bagi hidup saya hanya beberapa hari kembali. Aku mencoba dan melihat sendiri, setelah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan, saya terkejut bahwa mereka benar-benar ditransfer pinjaman saya $ 80.000 amerika serikat dolar ke rekening bank saya. Persyaratan yang sangat sederhana. Tidak ada jaminan yang diperlukan dari saya. Tidak ada biaya tersembunyi. Semua yang saya lakukan adalah untuk mendapatkan asuransi PPI untuk mengamankan pinjaman. Saya sangat senang sekarang karena Tuhan telah menggunakan organisasi ini untuk memberkati saya tahun ini. Dear teman jika Anda ingin tahun ini menjadi tahun Anda kebebasan finansial dan bahagia seperti saya, cepat dan menghubungi mereka sekarang. Email mereka melalui (frb228815@gmail.com) Saya harap informasi penting ini akan mengubah hidup Anda tahun ini. Saya berharap Anda semua yang terbaik.......

Posting Komentar