Kamis, 21 Februari 2013

Universitas menghasilkan Mahasiswa pintar, bukan cerdas


Hari ini menjadi hari yang spesial bagi beberapa kalangan. Wisudah ke-106 ini menghasilkan wisudawan sebanyak 689. Kembali Universitas Sriwijaya menghasilkan mahasiswa dari berbagai program studi yang luar biasa, bahkan ada mahasiswa yang IPK nya hampir menyentuh nilai 4.
Tapi ini lah yang saya coba bahas, Sekolah tinggi seperti universitas sederajat sepertinya hanya menghasilkan mahasiswa yang pintar dan berpengetahuan luas dibidang yang digelutinya. Tidak ada pelajaratan atau pelatihan tentang tanggung jawab dan kecerdasan emosional, jika ada, itu sangatlah kurang.
Bukan berarti saya lebih baik, tetapi jika kita tidak berani berbicara, atau berbicara setelah kita benar-benar menjadi orang baik, Maka tidak ada orang yang akan berbuat kebaikan. Manusia tidak luput dari kesalahan.
Universitas atau sekoalh tinggi lainnya berhasil menciptakan mahasiswa pintar, bukan cerdas. Ketika pulang dari kampus, sekitar jam 5. Saya melihat serakan sampah yang luar biasa banyak di taman depan auditorium, tempat wisuda dilaksanakan.
Mungkin hanya sebagian lulusan tersebut yang bertanggung jawab dengan sampah-sampah yang dibuangnya.  Saya tidak tau, apakah IPK mempengaruhi mereka terhadap kecintaan lingkungan sekitar..
entah lah..

0 komentar:

Posting Komentar